(Medan, SMP Al-Azhar Medan): Manasik haji adalah peragaan pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan rukun-rukunnya. Dalam kegiatan manasik haji, jama’ah calon haji akan dilatih tentang tata cara pelaksanaan Ibadah Haji. Di Perguruan Al-Azhar Medan, kegiatan Manasik Haji ini merupakan suatu kegiatan tahunan yang dilaksanakan pada bulan Haji menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha. Kegiatan ini merupakan kegiatan pembiasaan sebagai bagian dari pentingnya memperkenalkan dan membangkitkan serta memelihara motivasi siswa/i Perguruan Al-Azhar Medan untuk menunaikan Ibadah Haji dari sejak dini. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa/i Perguruan Al-Azhar Medan dan juga Perguruan Ar-Rahman Percut Sei Tuan mulai dari jenjang PG/TK, SD, SD Model, SMP Al Azhar dan Ar Rahman Percut, serta SMA dan SMA Plus Al-Azhar Medan. Kegiatan yang diikuti lebih dari 2500-an siswa/i ini dilaksanakan seminggu sebelum perayaan Hari Raya Idul Adha 1440 H bertempat di Perguruan Al-Azhar Medan.
Praktik Manasik Haji tahun ini merupakan praktik haji tamattu’, dimana dimulai dari pelaksanaan Ibadah Umroh terlebih dahulu baru kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan Ibadah Haji. Pelaksanaan Manasik Umroh dimulai dari unit PG/TK, SD dan SLB, dilanjutkan SMP dan SMA serta ditutup dengan pelaksanaan Manasik Umroh unit SMA Plus Al-Azhar Medan. Kegiatan tersebut dimulai dari hari Senin sampai dengan Rabu tanggal 5, 6, dan 7 Agustus 2019. Sedangkan puncak pelaksanaan Manasik Haji Perguruan Al Azhar Medan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 8 Agustus 2019 di Kampus Perguruan Al-Azhar Medan.
Semoga dengan senantiasa melaksanakan kegiatan Manasik Haji setiap tahunnya, siswa/i dan kita para guru dan fungsionaris Perguruan Al-Azhar Medan memperoleh pendidikan dan pengetahuan yang cukup tentang Ibadah Haji. Sehingga kelak jika siswa/i kita dan kita mempunyai kesanggupan dan kesempatan untuk menunaikan Rukun Islam yang ke-5 ini, kiranya diberi kemudahan oleh Allah SWT dalam melaksanakannya. Aamiin Ya Rabbal ‘Aalamiin. (Syaiful Anshari, M.Pd)

Open chat
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum
Apakah ada yang bisa kami bantu?