Tentang Al-Azhar Medan

Perguruan Al Azhar didirikan sebagai salah satu upaya Yayasan Hajjah Rachmah Nasution dalam mewujudkan visi dan misinya dalam bidang sosial, pendidikan dan keagamaan.





Latar Belakang & Sejarah

Berdirinya Yayasan Hajjah Rachmah Nasution tidak terlepas dari rasa syukur keluarga besar H Abdul Manan Muis atas keberhasilan operasi  jantung Ibu Hajjah Rachmah Nasution.

Sebagai wujud dari rasa syukur itu, keluarga besar  mendirikan sebuah masjid yang diberi nama Masjid Ar-Rahman yang berlokasi di tanah keluarga di Jalan Pintu Air IV Kuala Bekala, Padang Bulan Medan.

Seiring dengan itu dibangun pula Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) sebagai tempat pembinaan keagamaan untuk anak-anak warga sekitar.

Yayasan Hajjah Rachmah Nasution

Berdiri pada

Yayasan Hajjah Rachmah Nasution didirikan tanggal 24 Januari 1983 dengan Akte Notaris Raskami Sembiring SH No 39, kemudian diubah lagi dengan Akta Notaris Ratna Br. Karo, S.H No. 05 tanggal 21 Januari 2019.

https://www.youtube.com/watch?v=UTUXwvkAy-I&ab_channel=PerguruanAl-AzharMedan

Perguruan Al – Azhar Medan

Berdiri pada

Pada tanggal 16 Juli 1984 diresmikan berdirinya Perguruan Al-Azhar Medan dengan membuka satuan pendidikan:

17 Juli 1985

Pada tanggal 17 Juli 1985 Perguruan Al-Azhar membuka satuan Pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK) dan Sekolah Menengah Ekonomi (SMEA).

Universitas Al – Azhar Medan

Dibuka pada

Kemudian Universitas Al-Azhar dibuka tanggal 27 Desember 1986 untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi yang teridiri dari pendidikan teknik, pertanian, hukum, dan ekonomi.


Detail




Visi & Misi

Visi

Melahirkan intelektual muslim dan muslim intelektual.

Misi

Melaksanakan pendidikan dengan dua muatan dan satu ciri khas.

Maksud & Tujuan Pendidikan

Maksud Pendirian

Perguruan/Universitas Al-Azhar adalah  wadah untuk mendukung program pemerintah mendidik generasi penerus  mencapai  Insan Kamil.

Tujuan Pendidikan

Tujuan pendidikan Al-Azhar adalah melahirkan generasi muda yang berakhlakul karimah, unggul dalam prestasi, cemerlang dalam gagasan, menarik dalam penampilan, tanggap terhadap perubahan, amanah dalam bertugas dan mempunyai daya saing tinggi.

Karakter Siswa Al-Azhar :

  1. Menegakkan sholat lima waktu dan rutin membaca Al-Qur’an.
  2. Berakhlak mulia dalam ucapan, sikap dan perbuatan.
  3. Tidak melawan guru dan orangtua.
  4. Belajar tekun dan berdisiplin.
  5. Rapi dalam penampilan dan membudayakan hidup bersih.
Open chat
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum
Apakah ada yang bisa kami bantu?